Wednesday, August 18, 2010

Robot Penabuh Bedug Alun - Alun Ciamis Tetap Bergoyang

Bulan Puasa tahun ini bertepatan dengan bulan Agustus. Seperti kita tahu di bulan Agustus ini ada peristiwa bersejarah untuk bangsa ini. Tepat tanggal 17 Agustus seperti biasanya rakyat Indonesia mengadakan perayaan hari ulang tahun kemerdekaan RI (HUTRI).

Pada tanggal 17 tersebut juga ada peristiwa penting bagi para karyawan dan masyarakat kantor dan sejenisnya. Peristiwa apakah gerangan?

Peristiwa penting itu adalah libur. Biasanya pada tanggal penting itu diliburkan untuk memperingati hari kemerdekaan. Tanggal tersebut ternyata bertepatan dengan hari Selasa yang menyebabkan hari senin terjepit. Otomatis keadaan seperti itu memicu banyak orang untuk mengambil cuti sehingga mereka bisa liburan dari hari Sabtu sampai hari Selasa.

Kejadian itu ternyata 'menimpa' saya. Saya pun akhirnya tidak mengambil cuti tapi melakukan izin secara mendadak tepat pada hari terjepit tersebut. Alhasil saya bisa liburan dari hari Sabtu sampai hari Selasa. Sebuah waktu yang cukup untuk refreshing.

Tepat pada tanggal 17 Agustus ini saya bersama saudara melakukan 'adeventure' dan daerah yang terlewati diantaranya adalah kota Ciamis. Seperti biasanya kami melakukan istirahat di Masjid Agung Ciamis dan alun - alun kota Ciamis. Tempat ini memang cukup enak untuk melepas lelah.

Ketika berjalan - jalan disekitar masjid, saya melihat ada sesuatu yang tidak berubah. Ternyata orang - orangan penabuh bedug masih ada dan tetap bergoyang menabuh bedug tak kenal lelah, dan tak pernah terlihat capek dan uniknya tak mengeluarkan keringat sedikitpun 'Ya iyalah namanya juga orang - orangan'.

Nah itulah mungkin ciri khas alun - alun Ciamis di waktu bulan Puasa. Anda akan melihat orang - orangan (robot) penabuh bedug ini di sekitar alun - alun dan masjid agung Ciamis.

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.