Saturday, August 21, 2010

Satu Langkah Mudah Matikan Virus Lokal

Beberapa saat ini komputer dikantor dilanda virus lokal. Aktifitasnya membuat shortcut berwajah folder di flashdisk dan removable drive. Alhasil dalam sekejap begitu flashdisk di masukan seabreg shortcut bermuculan dan membuat akses menjadi lambat.

Sebenarnya saya sudah menyarankan "pakailah Linux biar tidak kena virus yang kayak beginian lagi" tapi apa boleh buat rupanya orang sudah dinyamankan dengan sistem operasi ini dan konsekuensinya akhirnya dipusingkan dengan virus.

Menurut analisa saya sebenarnya virus yang seperti ini tidak perlu ditakutkan, yang cukup mengerikan itu jika sudah merusak data dan pencurian data. 

Dari hasil test ternyata virus ini berbasis visual basic artinya virus ini dibuat menggunakan visual basic. Dalam pikiran saya untuk mematikan aplikasi yang berbasis vb maka cara yang mudah adalah menghilangkan runtime librarynya  yang biasanya dinamakan msvbvm6.0.dll 

Satu langkah mudah ini saya praktekan dan ternyata virusnya mati termasuk antivirusnya (smadav) yang ternyata smadav juga dirangkai dari visual basic. Saya hanya perlu merename msvbvm60.dll dan beberapa program yang dicurigai biasanya terdapat di \\Documents and Settings\USER*

Nah untuk merename file msvbvm60.dll ini tidak bisa saat windows masih berjalan, jadi harus menggunakan cara lain. Saya melakukannya menggunakan Linux. Lebih mudah lagi menggunakan small linux seperti xPUD, puppy, slax yang bisa dijalankan dari flashdisk dan ukurannya kecil.






Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.